Form WhatsApp

Download Modul Supervisi Klinis Kepala Sekolah

shape image

Download Modul Supervisi Klinis Kepala Sekolah

Download Modul Supervisi Klinis Kepala Sekola

A. Bahan Pembelajaran
Salah satu kompetensi Kepala Sekolah adalah melakukan supervisi. Suharsimi (2004) menyatakan bahwa strategi yang tepat dalam melaksanakan supervisi adalah dengan melakukan supervisi klinis. Supervisi klinis merupakan suatu bentuk bantuan profesional yang diberikan berdasarkan kebutuhan guru dengan tujuan meningkatkan kemampuan mengajar. Bimbingan yang diberikan itu tidak dengan instruksi atau mengarahkan (direct), tetapi bimbingan yang dilakukan lebih pada memberikan bantuan (help) yang dapat merangsang guru untuk menemukan sendiri cara-cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dialami guru dalam proses belajar-mengajar.

Menurut Sahertian (2008) upaya untuk membantu guru dalam melaksanakan tugas mengajar diantaranya (1) membantu menerjemahkan kurikulum, (2) merancang program belajar-mengajar, (3) melaksanakan proses proses belajar-mengajar, dan (4) menilai proses dan hasil belajar mengajar.

Kenyataan di satuan pendidikan, pelaksanaan supervisi klinis belum berjalan sebagaimana mestinya yang disebabkan salah satunya oleh belum terbiasanya guru dalam menyampaikan kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada proses pembelajaran kepada kepala sekolah. Hal yang lain kepala sekolah belum memahami secara utuh prosedur pelaksanaan supervisi klinis.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kepala sekolah masih perlu ditingkatkan kompetensi dan pemahamannya dalam pelaksanaan supervisi klinis.

B. Hasil Pembelajaran Yang Diharapkan
Peserta setelah mempelajari modul diharapkan mampu :
  1. Menjelaskan definisi supervisi klinis
  2. Menjelaskan tujuan supervisi klinis
  3. Menguraikan karakteristik supervisi klinis
  4. Menjelaskan prinsip-prinsip supervisi klinis
  5. Menggunakan langkah-langkah supervisi klinis
  6. Menerapkan supervisi klinis Model Sidhu
  7. Menjelaskan konsep supervisi klinis teknik coaching GROW ME
  8. Melaksanakan coaching GROW ME di satuan pendidikan

C. Tagihan
Tagihan pada penugasan tersebut di atas adalah sebagai berikut :
  1. Hasil diskusi definisi supervisi klinis dan tujuan supervisi klinis (LK-01)
  2. Hasil diskusi karakteristik dan langkah-langkah supervisi klinis (LK-02)
  3. Hasil diskusi pengamatan tayangan video supervisi klinis (LK-03)
  4. Roleplay pelaksanaan supervisi klinis (LK-04)
  5. Hasil observasi tayangan video coaching GROW ME (LK-05)
Pada saat On The Job Learning, Saudara akan diberi tugas sebagai berikut :
  1. Melaksanakan analisis kebutuhan guru dalam melaksanakan supervisi klinis.
  2. Melaksanakan supervisi klinis di satuan pendidikan
  3. Melaksanakan coaching GROW ME
  4. Membuat rekaman video praktik supervisi klinis/coaching GROW ME
Tagihan dari penugasan tersebut adalah :
  • Hasil analisis kebutuhan guru dalam melaksanakan supervisi klinis (LK-06)
  • Hasil pelaksanaan supervisi klinis di satuan pendidikan (LK-07)
  • Laporan deskripsi hasil perubahan perkembangan guru pada proses pembelajaran (LK-08)
  • Video praktik supervisi klinis/ coaching GROW ME
Pada saat In Service Learning 2, Saudara diberi tugas untuk mempresentasikan
hasil pelaksanaan kegiatan OJL. Tagihan dari penugasan tersebut adalah
presentasi hasil kegiatan OJL.

D. Ruang Lingkup Materi
Bahan pembelajaran ini akan mengantarkan Saudara memahami :
  1. Definisi supervisi klinis
  2. Tujuan supervisi klinis
  3. Karakteristik supervisi klinis
  4. Prinsip-prinsip supervisi klinis
  5. Langkah-langkah supervisi klinis
  6. Konsep coaching GROW ME

E. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari materi ini mencakup
aktivitas individual dan kelompok. Di dalam In-Service Learning I, aktivitas individual meliputi :
  1. Membaca materi
  2. Menjawab pertanyaan (apersepsi)
  3. Mengerjakan tugas
  4. Melaksanakan observasi
  5. Membaca referensi lainnya; dan
  6. Melakukan refleksi.
Aktivitas kelompok meliputi  :
  1. Brainstorming
  2. Mendiskusikan materi dan tugas
  3. Sharing pengalaman dalam melakukan tugas dan memecahkan kasus
  4. Presentasi hasil penugasan
  5. Roleplay (bermain peran)
Aktivitas individu adalah hal yang utama sedangkan aktivitas kelompok lebih merupakan forum untuk berbagi, memberikan pengayaan dan penguatan terhadap kegiatan yang telah dilakukan masing-masing individu. Dengan mengikuti langkah-langkah belajar di atas, diharapkan Saudara dapat secara individu dan bersama-sama meningkatkan kompetensi supervisi klinis.
Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan andragogi yakni pembelajaran orang dewasa dengan memberdayakan dan mengoptimalkan peserta dalam beraktifitas. Waktu yang digunakan adalah 12 jp x 45 menit = 540 menit, secara mendetail dijabarkan sebagai berikut :
  1. Pendahuluan, dengan perkenalan, pengkondisian peserta diklat, penyampaian
    kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi dan kegiatan yang akan
    dilakukan peserta diklat selama 12 JP (waktu 15 menit)
  2. Brainstorming, curah pendapat berhubungan dengan materi supervisi klinis
    dan pengalaman serta pemahaman (waktu 15 menit)
  3. Presentasi singkat tentang pengertian, tujuan dan prinsip supervisi klinis
    (waktu 20 menit)
  4. Diskusi kasus LK-01a dan LK-01b, tentang kasus pengertian, tujuan dan
    prinsip supervisi klinis (waktu 25 menit)
  5. Presentasi singkat karakteristik dan langkah-langkah supervisi klinis
    (waktu 20 menit)
  6. Diskusi kasus LK-02, kasus tentang karakteristik dan langkah-langkah
    supervisi klinis (waktu 30 menit)
  7. Tayangan video sepervisi klinis (waktu 15 menit)
  8. Mengerjakan LK-03, Hasil pengamatan tayangan video supervisi klinis
    (waktu 25 menit)
  9. Melaksanakan diskusi dan presentasi hasil pengamatan tayangan video
    (waktu 40 menit)
  10. Melaksanakan roleplay supervisi klinis dengan teknik Sidhu dan
    tanggapan/diskusi, dengan LK-04 (waktu 100 menit)
  11. Melaksanakan diskusi dan presentasi hasil roleplay (40 menit)
  12. Presentasi singkat tentang teknik supervisi klinis dengan coaching GROW ME
    (waktu 15 menit)
  13. Melaksanakan roleplay supervisi klinis dengan teknik coaching GROW ME
    (waktu 100 menit)
  14. Melaksanakan diskusi dan presentasi hasil pengamatan roleplay teknik
    coaching GROW ME dengan LK-05 (waktu45 menit)
  15. Melaksanakan refleksi dan penutup (waktu 15 menit)
  16. Konfirmasi tugas On the Job Learning (waktu 10 menit)
Dan untuk seterusnya bisa di download di bawah ini :
Modul Supervisi Klinis Kepala Sekolah
 

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now