Form WhatsApp

Download KPKP Kompetensi Peningkatan Kualitas Pembelajaran

shape image

Download KPKP Kompetensi Peningkatan Kualitas Pembelajaran

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling dominan adalah kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah adalah sebagai agen perubahan yang dapat memimpin peningkatan kualitas pembelajaran dengan melibatkan warga sekolah dan masyarakat. Kepala sekolah dapat memotivasi dan mendorong pendidik dan staf untuk meningkatkan kualitas dan kontribusinya dalam pembelajaran. Kepala sekolah dapat memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

Keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola dan mendayagunakan semua potensi yang ada, khususnya mengembangkan sumberdaya manusia dan mengoptimalkan fasilitas sekolah, akan berpengaruh besar terhadap kinerja pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran sehingga berdampak positif pada kualitas peserta didik dan kinerja sekolah.

Keberadaan modul ini sangat penting untuk membantu dan memfasilitasi kepala sekolah dalam memimpin dan mengelola sekolah, khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pada modul ini, Saudara akan belajar tentang :
  1. Memimpin dan memberdayagunakan pendidik dalam menyusun rencana, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran berdasarkan potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik
  2. Upaya meningkatkan kompetensi pedagogis pendidik sesuai dengan kebutuhan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran 
  3. Memimpin dan memberdayagunakan warga sekolah dalam menyusun rencana, pelaksanaan, serta evaluasi program seluruh unit layanan khusus sekolah sebagai fasilitas dan sumber belajar yang berkualitas.
Modul ini dirancang dengan memperhatikan aspek keterlaksanaan dan manfaat bagi peserta yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam pengelolaan sekolah. Pembelajaran modul setiap topik dan subtopik meliputi kegiatan diskusi, kerja individu, berpikir reflektif, pelaporan dan presentasi. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan penguatan dan latihan soal. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan diskusi maka kegiatan dilakukan secara individu. Keseluruhan pembelajaran modul ini diakhiri dengan refleksi, penilaian diri, dan penilaian oleh fasilitator. Penilaian modul ini digunakan untuk mengetahui pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Modul ini memperhatikan aspek-aspek inklusi sosial, yang dapat dipergunakan dalam kondisi sosial-budaya kepala sekolah yang beragam, mempertimbangkan isu-isu suku, etnis, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, penyandang HIV/AIDS, dan yang berkebutuhan khusus. Inklusi sosial ini juga diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan lingkungan sekitar sekolah.

Bagi yang membutuhkan dalam bentuk Full PDF silahkan download dibawah ini :
Kompetensi  Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now