Form WhatsApp

RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

shape image

RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

Perencanaan yang baik pada suatu kegiatan adalah awal dalam meraih sebuah kesuksesan. Pada saat kita mulai menyusun perencanaan kegiatan, kita telah menciptakan banyak peluang untuk menuju kesuksesan. Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan ketentuan lain yang menunjang telah dibuat sebagai landasan dalam penyusunan rencana kerja sekolah. Kesemuanya ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah perencanaan yang baik.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa :
  1. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan.
  2. Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dilaksanakan berdasarkan rencana kerja jangka menengah.
Rencana Kerja Sekolah (RKS)akan memberikan banyak peluang bagi Saudara sebagai kepala sekolah dalam mengelola segala sumber daya yang ada di sekolah dengan cara yang terbaik, efektif dan efisien, untuk mendapatkan prestasi terbaik, memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.

Modul ini disusun untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam proses penyusunan rencana kerja sekolah yang dikembangkan dengan memperhatikan sistem pendidikan yang sesuai dengan UUD 45 dan Sistem Pendidikan Nasional, juga pendidikan inklusi yaitu yang terkait dengan latar belakang lingkungan geografis, budaya, agama, ras, jender, perlindungan anak serta kelompok masyarakat HIV/AIDS dan berkebutuhan khusus.

Modul ini akan membantu Saudara dalam proses penyusunan rencana kerja sekolah dengan terlebih dahulu memahami Standar Nasional Pendidikan (SNP), Standar Pelayanan Minimal (SPM) bagi pendidikan dasar, Analisis Konteks atau EDS, dan Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Kerja Sekolah. Melalui kajian berbagai dokumen dan diskusi dengan sesama kepala sekolah dalam forum KKKS atau MKKS serta diskusi dengan tim pengembang di sekolah, maka kemampuan dan keterampilan Saudara dalam menyusun rencana kerja sekolah akan semakin meningkat.

Keterampilan membuat perencanaan dalam penyusunan RKJM dan RKAS sangat penting bagi Saudara. RKJM merupakan wujud dari program jangka menengah (empat tahun), dan RKAS merupakan program tahunan (satu tahun) yang akan menjadi pedoman bagi Saudara beserta tim pengembang sekolah dalam mengelola sekolah selama Saudara melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah.

Bagi Yang Membutuhkan Dalam Fersi Lengkap Modul Diatas Silahkan Downlaod Dibawah ini : 
RENCANA KERJA JANGKA MENENGAHRENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now