Form WhatsApp

PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

shape image

PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Kepemimpinan Saudara sebagai kepala sekolah dalam sistem administrasi berperan penting dalam pengelolaan sekolah. Administrasi yang baik akan meningkatkan fungsi pelayanan administrasi sekolah. Saudara dapat dengan mudah memantau perkembangan peserta didik, kebutuhan sarana dan prasarana, keadaan pendidik dan tenaga kependidikan atau kondisi keuangan, sehingga kinerja sekolah selalu terjaga dengan baik. Selain itu, peserta didik mendapatkan pelayanan pendidikan yang dibutuhkan, guru dapat mengelola pembelajaran dengan baik, orang tua dan masyarakat dengan mudah memperoleh informasi yang diperlukan.

Pengelolaan administrasi sekolah menuntut partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam perumusan kebijakan, transparansi dan akuntabilitas, sehingga dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan. Transparansi mengharuskan sekolah terbuka, baik dalam masalah keuangan maupun pembelajaran sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban Saudara terhadap orang tua dan masyarakat yang menyangkut aspek pengelolaan sumber-sumber daya, proses pembelajaran dan pelayanan yang diberikan.

Seiring perkembangan informasi dan teknologi, kepemimpinan Saudara dalam administrasi sekolah dapat dilakukan dengan menggunakan komputer dan jaringan internet. Administrasi sekolah berbasis internet akan lebih mudah diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.

Bahan pembelajaran ini akan memfasilitasi Saudara untuk meningkatkan kepemimpinan dalam administrasi sekolah. Kegiatan ini dilakukan melalui berpikir reflektif, studi kasus, curah pendapat (brainstorming), diskusi, bermain peran, simulasi, mengkaji dan melakukan perbaikan terhadap sistem administrasi yang ada dan membuat rancangan Sistem Informasi Sekolah (SIS) yang akan digunakan di sekolah. Jika memungkinkan, Saudara dapat melakukan semua tahap dengan berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk mencapai target kompetensi bahan pembelajaran ini, Saudara harus melakukan semua tahapan dalam modul, yang meliputi: simulasi pelibatan pendidik, tenaga kependidikan ataupun pihak lain dalam mengkaji administrasi yang ada, merencanakan tindakan perbaikan, melaksanakan tindakan perbaikan dan membuat rancangan Sistem Informasi Sekolah (SIS) yang akan digunakan di sekolah.

Modul ini memperhatikan aspek-aspek inklusi sosial, dapat dipergunakan dalam kondisi sosial-budaya kepala sekolah yang beragam, mempertimbangkan isu-isu suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, orang dengan HIV/AIDs, dan yang berkebutuhan khusus. Inklusi sosial ini juga diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.

Bagi Yang Membutuhkan Dalam Fersi Lengkap Modul Diatas Silahkan Downlaod Dibawah ini : 
PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now