Form WhatsApp

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA

shape image

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA

Modul ini memfasilitasi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah untuk proses pembelajaran peserta didik yang lebih baik. Keberhasilan program pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya adalah pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal.

Pengelolaan sarana dan prasarana sangat bergantung kepada keahlian kepala sekolah dalam hal perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana sekolah.

Pengelolaan sarana dan prasarana juga harus memperhatikan sistem pendidikan inklusi. Pengelolaan sarana dan prasarana yang baik akan mendukung proses pembelajaran yang bermutu kepada seluruh peserta didik. Misalnya, kursi yang layak pakai dan dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik akan membuat peserta didik yang berkebutuhan khusus duduk nyaman. Pengelolaan sarana dan prasarana yang mengedepankan sistem pendidikan inklusi akan memberikan kesempatan belajar kepada seluruh masyarakat tanpa melakukan pembedaan yang berdasarkan pada jender, agama, ras, geografi, budaya, kelompok masyarakat dengan HIV/AIDS dan berkebutuhan khusus.

Penggunaan media dalam pembelajaran misalnya akan mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. Kualitas pembelajaran peserta didik yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan kinerja kepala sekolah. Untuk itu kepala sekolah dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana sekolah harus didasarkan pada aspirasi dan partisipasi warga sekolah yang mengacu pada peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku.

Modul ini dibagi menjadi empat topik yaitu Perencanaan Kebutuhan Sarana dan Prasarana Sekolah; Pengadaan dan Inventarisasi Sarana dan Prasarana Sekolah; Penggunaan dan Pemeliharaan; dan Penghapusan Sarana dan Prasarana Sekolah.

Setiap topik terdiri dari beberapa kegiatan pembelajaran. Setiap kegiatan pembelajaran akan membantu Saudara untuk memperoleh pengalaman yang nantinya dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Saudara sebagai kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah. Di akhir setiap topik Saudara harus membaca penguatan materi, mengerjakan latihan soal dan umpan balik dalam rangka meningkatkan pengetahuan Saudara tentang pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.

Untuk Fersi Lengkapnya Sisilahkan Download dibawah ini :
PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now