Form WhatsApp

Download Permendiknas Tahun 2007 No 13-No16 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru

shape image

Download Permendiknas Tahun 2007 No 13-No16 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru

Download Permendiknas Tahun 2007 No 13 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah dan Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru
Dengan dikeluarkannya Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang kemudian dilanjutkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, maka pemerintah memandang perlu untuk menetapkan standar standar lainnya guna mendukung pelaksanaan reformasi dibidang pendidikan yang berlandaskan amanat para pendiri bangsa. Salah satu standar yang di keluarkan oleh pemerintah adalah standar tentang Kepala Sekolah / Madrasah yang tertuang didalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007. Dalam aturan ini pemerintah memandang perlu adanya standar penentuan kualifikasi seseorang untuk dapat diangkat sebagai kepala sekolah atau madrasah, antara lain kualifikasi umumnya adalah :

  • Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma IV kependidikan atau non kependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi.Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah usia setinggi-tinggi nya adalah 56 tahun.
  • Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun menurut jenjang sekolah masing masing, kecuali TK/RA memiliki peng alaman mengajar sekurang kurangnya 3 tahun.
  • Memiliki pangkat serendah rendah nya III/c bagi PNS dan bagi non PNS disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yaya san atau lembaga yang berwenang.
Sedangkan kualifikasi khusus ditentukan menurut jenjang lembaga pendidikannya, yang meliputi :
  • Berstatus sebagai gur
  • Mempunyai sertifikat sebagai guru
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah.
Selain kualifikasi umum dan khusus tersebut, untuk menduduki jabatan sebagai kepala sekolah / madrasah dituntut harus memiliki kompetensi sebagai berikut :
KEPRIBADIAN, artinya :

  • Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mu lia dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas disekolah.
  • Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin.
  • Memiliki keinginan yang kuat di dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah/madrasah.
  • Bersifat terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
  • Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah.
  • Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.
Berikut ini adalah berkas bisa anda download file-nya dalam format PDF dan file downloadnya silahkan klik dibawah ini:
 Sedangkan kualifikasi Akademik merupakan pendidikan minimal  yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik. Pendidikan minimal ini dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat keahlian yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Peran, tugas, dan tanggung jawab guru sangat bermakna dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Guru berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab.

Di dalam keseluruhan kegiatan pendidikan, guru memiliki posisi sentral dan strategis. Karena posisinya tersebut, baik dari kepentingan pendidikan nasional maupun tugas fungsional guru,

Semuanya menuntut agar pendidikan dilaksanakan secara profesional.
Kualifikasi akademik guru pada satuan pendidikan jalur formal mencakup kualifikasi akademik guru pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-kanak/Raudatul Atfal (PAUD/TK/RA), guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI), guru sekolah menengah pertama/madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), guru sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), guru sekolah dasar luar biasa/sekolah menengah luar biasa/sekolah menengah atas luar biasa (SDLB/SMPLB/SMALB), dan guru sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK).

Setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Guru adalah salah satu pendidik yang memegang peran esensial dalam sistem pendidikan.

Berikut ini adalah berkas bisa anda download file-nya dalam format PDFdan file downloadnya silahkan klik dibawah ini :

Demikian yang dapat admin sampaikan semoga modul ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua dan jikalau ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan komentar dan bila ingin mendapat update download di mbahguru.co.id silahkan dengan mengklik di kanan ikuti mbah guru, apabila artikel ini bermanfaat silahkan di share ke teman di sosmed dengan mengklik ikon di bawah.

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now