Form WhatsApp

Download Kisi-Kisi USBN IPA, MTK, B. INDO 2020

shape image

Download Kisi-Kisi USBN IPA, MTK, B. INDO 2020




Download Kisi-Kisi USBN 2020-Sahabat mbahguru.co.id, ujian nasional makin dekat, tentu kta butuh persiapan untuk menghadapinya. Sebagai event rutin nasional kegiatan ini tentu tidak asing lagi, tetapi persiapan memang sangat dibutuhkan. Sebagaimana hal rutin dan sangat sakral bagi dunia pendidikan maka banyak hal yang perlu kita siapkan pada diri kita, anak didik kita, dan orang tua.

Persiapan mental adalah hal utama yang perlu kita siapkan. Sebagai ujian rutin tahunan, USBN memberikan tantangan yang luar biasa bagi anak didik kita. Kekuatan dan kesiapan mental menjadi modal utama bagi anak didik kita. Mental yang kuat akan mendorong anak untuk giat dan sanggup menghadapi ujian sehingga target seberapa besar keberhasilan benar-benar direncanakan. Kesiapan mental juga mendorong anak untuk mampu meraih sukses karena dengan kondisi ini anak akan mampu berfikir jernih dalam menyelesaikan soal demi soal sehingga kesalahan yang mungkin terjadi dapat diminimalisir, hasilnya pun insyaallah akan maksimal.

Kesiapan guru dalam menghadapi USBN 2020 juga sangat penting bagi anak didik. Sebagai kegiatan tahunan tentu tidak ada alasan lagi bagi guru untuk tidak mempersiapkan kesuksesan anak didiknya. Tentu hal ini sudah sahabat guru baca pada artikel kami sebelumnya tentang kiat sukses menghadapi ujian nasional. Guru-guru kita biasanya sudah menata mental anak didik dan juga materi sebagai bekal menghadapi USBN 2020. Hal-hal yang biasanya disiapkan dilakukan guru adalah browsing kisi-kisi terbaru atau kisi-kisi resmi yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan soal USBN. Mbah Guru sudah menyiapkan kisi-kisi terbaru USBN 2020 yang dapat sahabat guru download di sini :

Download Kisi-Kisi USBN IPA 2020 
Download Kisi-Kisi USBN Matematika 2020
Download Kisi-Kisi USBN Bahasa Indonesia 2020 

Kisi-kisi USBN 2020 masih berpola sama dengan kisi-kisi USBN sebelumnya yaitu pola irisan antara kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013. Kisi-kisi USBN 2020 SD/MI memuat tiga mata pelajaran meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Terdapat 3 (tiga) level kognitif yang ditargetkan pada masing-masing mata pelajaran yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Setiap mata pelajaran pada kisi-kisi USBN 2020 memuat ruang lingkup yang berbeda sesuai materi masing-masing. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia memuat empat rung lingkup utama yaitu membaca non sastra, membaca sastra, menulis terbatas, dan kelompok menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca. Mata pelajaran Matematika memuat tiga ruang lingkup utama yaitu Bilangan, Geometri dan Pengukuran , dan Pengolahan Data, sedangkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam memuat lima ruang lingkup meliputi: Makhluk Hidup dan Lingkungannya, Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup, Benda dan Sifatnya Energi dan Perubahannya, Bumi dan Alam Semesta. Setiap rung lingkup pada masing-masing mata pelajaran dijabarkan ke dalam beberapa materi pokok.

Kecermatan guru dalam memahami kisi-kisi USBN 2020 sangat dibutuhkan demi efektifitas belajar yang dirancang agar meraih sukses yang luar biasa. Hal ini penting karena banyak dari praktisi kita kurang akurat dalam mencermati ruang lingkup materi pada kisi-kisi sehingga soal-soal yang disusun untuk melatih anak didiknya menyimpang dari kisi-kisi. Oleh karena itu banyak berlatih baik secara pribadi atau berlatih bersama melalui kegiatan KKG perlu digalakkan seoptimal mungkin. Sekali lagi, sahabat guru tidak perlu cemas dan khawatir karena di www.mbahguru.co.id semua soal latihan dan soal-soal prediksi USBN 2020 sudah disiapkan sebanyak mungkin. Tinggal kemauan sahabat guru maupun pembaca untuk selalu membaca dan mengunduh soal-soal prediksi USBN 2020 di sini.

Terkait soal-soal USBN memang banyak sekali soal beredar di internet bahkan saat ini lagi rame-ramenya dicari orang. Akan tetapi soal-soal USBN seperti apa yang meski sahabat guru butuhkan agar belajar anak tidak sia-sia. Tentu sahabat guru akan mencari soal-soal yang berkualitas. Soal berkualitas adalah soal yang bermutu, akurat, dan mendekati kebenaran secara isi, struktur bahasa, maupun pemilihan medianya. Di sini melalui website www.mbahguru.co.id sahabat guru dan pembaca atau juga calon peserta USBN 2020 akan banyak menemukan soal-soal USBN yang berkualitas.

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now