Form WhatsApp

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KISI-KISI SOAL DENGAN METODE PENDAMPINGAN POLA “OCF”

shape image

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KISI-KISI SOAL DENGAN METODE PENDAMPINGAN POLA “OCF”

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KISI-KISI SOAL DENGAN METODE PENDAMPINGAN POLA “OCF”

Tujuan penelitian ini adalah (1) memeroleh gambaran pelaksanaan metode pendampingan pola OCF untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal.

(2) memeroleh informasi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal menggunakan metode pendampingan pola OCF. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan rancangan kegiatannya menggunakan metode pendampingan dengan pola kegiatan observe, critizize, dan fix-it, yang dilaksanakan secara terintegrasi.

Data dikumpulkan melalui instrument telaah kisi-kisi kemudian hasilnya diolah sebagai bahan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian berupa gambaran nilai capaian guru dalam menulis kisi-kisi mencakup delapan aspek kriteria kisi-kisi soal yang baik setelah dilakukan tindakan dengan metode pendampingan pola OCF. Adapun nilai capain guru dalam menyusun kisi-kisi pada pra siklus adalah 69 Menjadi 81 pada siklus I dan naik menjadi 87 pada siklus II.

Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2016 mengamanatkan, bahwa di samping tersedianya kurikulum yang handal, salah satu
aspek terpenting dalam upaya menjamin kualitas layananan pendidikan adalah menyediakan sistem penilaian yang komprehensif sesuai dengan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, komprehensif memiliki arti luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi). Penilaian yang komprehensip harus mampu mancakup

berbagai aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (Azwar, 2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2016 Tentang standar Penilaian menyebutkan bahwa penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Beberapa ahli menafsirkan pengertian penilaian sebagai berikut: (Arikunto, 2005) menyebutkan bahwa penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu
dengan ukuran baik dan buruk. (Widoyoko, 2012) mendefinisikan penilaian ialah sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran

dan untuk lebih lengkapnya silahkan download materinya dibawah ini :

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KISI-KISI SOAL DENGAN METODE PENDAMPINGAN POLA “OCF”

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now