Form WhatsApp

Pengertian Kurikulum 2013 (K13) Komponen + Fungsinya

shape image

Pengertian Kurikulum 2013 (K13) Komponen + Fungsinya







Kurikulum 2013 – Pengertian kurikulum secara umum, kurikulum adalah sistem rencana dan pengaturan yang membahas isi dan bahan pembelajaran yang menjadi pedoman aktivitas belajar mengajar. Secara bahasa pengertian kurikulum berasal dari istilah curriculum dari bahasa inggris, kurikulum adalah rencana belajar. Dan curriculum berasal dari bahasa latin currere yang memilik beberapa arti yaitu berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani, dan berusaha untuk. Banyak sekali bebrapa pendapat yang mebahas tentang pengertian curikulum menurut para ahli :


Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli : 

  • UU No. 20 tahun 2003 : Pengertian kurikulum yaitu Seperangkat rencana dan pengaturan yang mengenai tujuan, isi, bahan ajar dan cara digunakan sebagai pedoman penyelenggaraaan kegiatan belajar untuk mendapatkan sebuah tujuan pendidikan nasional.
  • Dr. H. Nama Sudjana (2003) : Pengertian kurikulum adalah Niat dan harapan dituangkan kedalam rencana atau program pendidikan yang dilakukan para pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat dan rencana, untuk pelaksanaannya yaitu proses belajar mengajar. Yang terlibat dalam proses yaitu pendidik dan peserta didik.
  • Drs. Cece Wijaya, dkk : Pengertian kurikulum adalah Semua program dan kehidupan dalam sekolah.
  • Harsono (2005) : Pengertian kurikulum adalah Gagasan pendidikan yang dilakukan dengan praktek. Seluruh program yang terencana dari instituso pendidikan.
  • H. Hasan (1992) : Kurikulum memiliki sifat yang fleksibel. Sebagai suatu pemikiran pendidikan untuk diklat, sehingga dalam teoritik dikembangkan dalam kurikulum sebagai perencanaan dan dianggap kaidah pengembang kutikulum.
Itu lah tak sedikit ulasan tentang pengertian kurikulum menurut para ahli, berikut pembahasan tentang fungsi kurikulum dan komponen kurikulum sebagai berikut. 

Fungsi Kurikulum
Fungsi kurikulum adalah sebagai alat pendidikan yang memiliki berbagai macam fungsi pendidikan.
Fungsi penyesuaian sebagai penyesuanian, kempampuan penyesuaian diri dengan perubahan yang dilingkungannya karena lingkungkan bersifat dinamis atau biasa berubah – ubah.
Fungsi intergrasi sebagai penyesuaian yang mengartikan bawah kurikulum sebagai alat pendidikan yang bisa menghasilkan pribadi yang dapat di butuhkan di masyarakat.


Fungsi diferendiasi sebagai alat yang memberikan pelayanan dari bermancam – macam perbedaan disetiap siswa harus dihargai dan dilayani.


Fungsi persiapan sebagai persiapan yang mempunyai arti bahwa kurikulum adalag alat pendidikan yang mempersiapakan siswa kejenjang lebih tinggi dan memperisapkan diri agar bisa hidup bermasyarakat.

Fungsi pemilihan sebagai pemilihan yang memberikan kesempatan siswa agar mentukan program belajar sesuai minat bakatnya sendiri,

Fungsi diagnostic mengandung makna kurikulum sebagai alat pendidikan yang dapat mengarahkan dan paham potendi siswa dan kelemahan dalam dirinya. Dngan mengharapkan siswa dapat mengembangkan potensi dan melakukan perbaikan pada kelemahannya.

Komponen Kurikulum
• Komponen tujuan
Sistem pembelajaran yang digunakan untuk pencapaian tujuan karena berhasil atau tidak sistem pemblajaran dinilai dari banyaknya tujuan yang tercapai.

• Komponen isi (bahan pengajar)
Sesuatu yang diberikan ke anak didik untuk dijadikan bahan belajar mengajar untuk pencapaian tujuan.

• Komponen strategi
Yang mengarah kepada pendekatan, metode, dan alat pembelajaran. Mengadakan penilaian, mengadakan bimbingan dan mengatur kegiatan.

Pengertian Kurikulum 2013 K13
Pengertian Kurikulum K13 secara umum adalah langkah lanjutan pengembangan yang berdasarkan kompetensi yang sudah dirintis tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mengandung kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan terpadu. Pengertian kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengintegrasikan kemampuan,tema, konsep, dan topic yang di bentuk dalam disiplin tunggal, mengandung beberapa disiplin dan mengandung beberapa pembelajaran.

Menurut Mulyasa pengertian kurikulum 2013 adalah lebih menekan pendidikan karakter, terutama tingkat dasa, yang menjadi pondasi bagi tingkat berikutnya. Pengertian kurikulum 2013 adalah pedoman mengajar terdiri 4 aspek penilaian yaitu pengetahuan, keterampilan, sosial dan spiritual.

Baca juga :Instrumen Peta Mutu SD 2019

Perkembangan kurikulum 2013 di Indonesia merupakan penggantidari kuriklum KTSP. Kurikulum ini memiliki kelemahan berarap proses belajar lebih leluasa tetapi ada penambahan jam belajar, penggunaan UN sebagai evaluasi standard peoses belajar siswa aktif. Kelebihan memiliki konsep yang jelas terhadap lulusan yang ingin dicapai, mengemas mata pelajaran lebih maknai dalam kehidupan sehari hari. Itulah perkembangan kurikulum 2013 di indonesia yang memiliki kelebihan dan kelemahan.

1 komentar:

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

  1. Kurikulum ini memiliki beberapa komponen yang berbeda. Setiap komponen yang ada pada kurikulum ini sudah dijelaskan secara berbeda oleh para ahli. Pada dasarnya komponen kurikulum ini ada 4 yaitu komponen tujuan, isi, proses dan evaluasi. Jadi keempat komponen ini sudah mutlak dan setiap komponen telah disusun sesuai tujuan.

    BalasHapus
© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now