Form WhatsApp

Download Cara Peyusunan Kisi-Kisi Soal Kurikulum 2013

shape image

Download Cara Peyusunan Kisi-Kisi Soal Kurikulum 2013


Download Cara Peyusunan Kisi-kisi Soal kurikulum 2013
Istilah kisi-kisi soal tidak asing bagi kalangan praktisi pendidikan khususnya guru. Kisi-kisi menjadi hal utama yang disinggung ketika seseorang akan menyusun soal atau perangkat tes lain. Berikut akan kita ulas hal-hal berkaitan dengan kisi-kisi yang meliputi pengertian kisi-kisi, syarat kisi-kisi, komponen kisi-kisi, dan menyusun kisi-kisi berdasarkan komponen yang tersedia.

  • Pengertian kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi tes. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan. Kisi-kisi memunginkan seorang penulis soal dapal menyusun soal tes berdasarkan kriteria yang akan diukur. Dengan kisi-kisi, seorang penulis soal akan tahu cakupan materi, perilaku yang diharapkan dari pesertadidik dalam mengerjakan soal, bobot/level soal, bentuk soal dan kriteria pensekoran yang mesti dibuat guru. Bagi pesrtadidik, kisi-kisi dapat membantunya dalam belajar lebih terarah.
  • Syarat kisi-kisi
Kisi-kisi tes atau kisi-kisi soal prestasi akademik dibuat dengan keharusan memenuhi kriteria penyusunannya agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam menulis soal. Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:

1) Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
2) Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
3) Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Selain syarat di atas, indikator soal yang tertuang pada kisi-kisi harus benar-benar dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar(KD), dan yang tidak kalah penting bahwa indikator yang dibuat dapat memberi peluang penulis dalam mengembangkan kreatifitasnya dalam menulis soal tes.

  • Komponen kisi-kisi
Kisi-kisi tidak memiliki komponen baku. Artinya komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi memuat dua komponen besar yang terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks.
Contoh komponen identitas yang dimasukkan adalah jenis/jenjang sekolah, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, dan nomor soal.

  • Menyusun Kisi-kisi soal
Menyusun kisi-kisi soal sama artinya dengan kegiatan melengkapi komponen kisi-kisi yang sudah tersedia dengan mengacu pada aturan atau kaidah yang benar. Secara umum kegiatan penyusunan kisis-kisi dapat dkelompokkan menjadi 3 tahapan kegiatan yaitu persiapan, penyusunan, dan evaluasi/penelaahan. Secara rinci dapat di download dibawah ini :

Download Cara Peyusunan Kisi-kisi Soal kurikulum 2013

Mungkin itu yang andmin bisa berikan semoga bisa membantu para guru dimanapun berada.

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di webset mbahguru.co.id

© Copyright 2019 Mbah Guru

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now